Pengadilan Agama Sumenep

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA SUMENEP KELAS I A

Wakil Ketua PA Sumenep ikuti Pembukaan Fit and Proper Test Secara Virtual Calon Wakil Ketua Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah Kelas IA Tahun 2023

pa-sumenep.go.id – Wakil Ketua Moh. Jatim, S.Ag., M.H.I mengikuti Pembukaan Uji Kepatutan dan Kelayakan (Fit and Proper Test) Secara Virtual Calon Wakil Ketua Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah Kelas IA Tahun 2023 pada Selasa, 24/01/2023 pukul 08.00 WIB s.d. 09.00 WIB di Media Center Pengadilan Agama Sumenep Kelas 1A. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Ditjen Badilag) Mahkamah Agung RI dengan tema “Melalui Seleksi Calon Pimpinan Pengadilan di Lingkungan Peradilan Agama Secara Virtual, Kita Tingkatkan Kualitas Kepemimpinan Badan Peradilan Menuju Peradilan Agama Modern Berkelas Dunia”.

Baca juga: PA Sumenep ikuti Bimtek dan Pembinaan oleh YM Ketua Mahkamah Agung RI

Kegiatan tersebut diikuti oleh Para Penguji, Pimpinan Pengadilan Tingkat Banding dan Pengadilan Tingkat Pertama serta para Peserta. Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan ayat suci Al-quran oleh M. Yusuf Maulana PPNPN PA Cilegon serta Doa oleh Dr. H. Amir Khalis Ketua Mahkamah Syariah Sigli. Kemudian dilanjutkan dengan Laporan Ketua Panitia oleh Bapak Dr. Sultan, S.Ag.,S.H., M.H. Kasudit Mutasi Hakim Peradilan Agama. Beliau menyebutkan beberapa alasan mengapa kegiatan dilaksanakan di januari 2023 “1. untuk mengisi kekosongan Pengadilan Kelas 1A yang saat ini telah kosong 24 kursi wakil ketua dan 2 kursi ketua lainnya, 2. terdapat stok peserta lulus F&P test calon pimpinan Pnegadilan Tahun 2022 yang belum ditempatkan, 3. Ada potensi pimpinan PA/MS Kelas 1A yang dipromosi menjadi HTPTA”ungkap Sultan.

Acara dilanjutkan dengan Pembukaan resmi sekaligus Sambutan oleh Dirjen Badilag Bapak Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. Beliau menegaskan bahwa “ini adalah ke-4 kalinya Ditjen Badilag menyelenggarakan uji Fit dan Proper test secara virtual bagi calon pimpinan pengadilan di lingkungan peradilan agama sejak tahun 2020,” tegas Aco. Lebih lanjut beliau menuturkan Prestasi satker dan prestasi individu yang menjadi persyaratan calon peserta yang meliputi: Rapor SIPP Mingguan, Triwulan Kinerja Satker, Satker Peraih WBK/WBBM, juara tingkat nasional dan penghargaan tingkat nasional yang diberikan instansi lain. Selain itu Bapak Aco juga turut membeberkan materi uji Kepatutan dan Kelayakan Calon Wakil Ketua Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah Kelas IA Tahun 2023. Terakhir Beliau berpesan untuk selalu mengedepankan pelayanan kepada masyarakat terutama rakyat miskin. (Tim Medsos)

Tinggalkan komentar