Pengadilan Agama Sumenep

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA SUMENEP

Pelaksanaan Apel Pagi Akhir Bulan Mei 2021 PA Sumenep

Sumenep, Senin (24/05) Segenap pimpinan, hakim, jajaran pejabat kepaniteraan dan pejabat kesekretariatan serta seluruh pegawai Pengadilan Agama (PA) Sumenep melaksanakan apel di halaman depan PA Sumenep. Apel ini dimulai pada pukul 07.40 s.d. 08.00 WIB dan berlangsung dengan khidmat serta tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Hakim PA Sumenep Dra. Hj. Nurul Qalbi, M.H.E.S bertindak sebagai Pembina Apel dan Moh. Ridwan bertindak sebagai Pemimpin Apel. Acara dipandu oleh Dewy Arifah, S.M selaku pembawa acara, dan Kamelia Elfani S., A.Md.A.B. bertugas membacakan visi & misi PA Sumenep.

Dalam amanatnya Hakim paling senior di PA Sumenep ini menyampaikan tentang goal atau tujuan puasa yang telah dijalani selama sebulan penuh bulan lalu yaitu menjadi insan yang bertaqwa.

Diungkapkannya bahwa Taqwa adalah menjalankan perintah Nya dan menjauhi larangan Nya.  Adapun ciri-ciri Taqwa yang termaktub dalam surat Ali Imron (133-135), yaitu:

وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ. الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ. وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. (QS. Ali Imran: 133-135).

Lima karakter orang bertaqwa ini harus kita miliki ;

1.   Suka berinfaq

2.   Menahan marah

3.   Memaafkan manusia

4.   Suka berbuat baik

5.   Bersegera bertaubat

Jika kita memilikinya, maka insya Allah kita memiliki karakter orang bertaqwa sekaligus menjadi harapan kita termasuk orang yang bertaqwa.

Kontributor : Lili Nur Indah Sari

Editor : Sapuan