Pengadilan Agama Sumenep

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA SUMENEP

Halal Bihalal dan Pertemuan Rutin Dharmayukti Karini Cabang Sumenep

Sumenep | Selasa (25/05) atau tanggal 13 Syawal 1442 H Dharmayukti Karini Cabang Sumenep mengadakan acara “Halal Bihalal” yang dihadiri oleh pengurus di lingkungan Peradilan Agama dan Peradilan Negeri Sumenep. “Halal Bihalal” atau saling maaf-memaafkan dilakukan saat Lebaran atau setelah Hari Raya Idul Fitri. Namun, ditengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, tradisi “Halal Bihalal” dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan dari pemerintah.

Halal bihalal tidak bisa dimaknai secara bahasa melainkan dimaknai dari segi kulturalnya yaitu budaya saling memaafkan atau dengan saling berkunjung ke rumah saudara (silaturahmi) guna memohon dan memberi maaf yang dilanjutkan dengan saling berjabat tangan (sesuai dengan protokol kesehatan).

Baca Juga : Halal Bihalal Dharmayukti Karini Cabang Sumenep

Acara “Halal Bihalal” ini dimulai tepat pada pukul 09.00 WIB bertempat di Aula Pengadilan Agama Sumenep. Pengurus Dharmayukti Karini baik dari Pengadilan Agama maupun Pengadilan Negeri mengikuti acara dengan penuh semangat. Acara dibuka diawali membaca basmalah secara bersama-sama.

Dikarenakan Ibu Anastasia Irene, S.H., M.H. sebagai Ketua Dharmayukti Karini Cabang Sumenep berhalangan hadir, maka sambutan acara “Halal Bihalal” ini diwakili oleh Wakil Ketua Dharmayukti Karini, yaitu Ibu Fatmawati Jatim, beliau menyampaikan Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin, Taqabbalallahu Minna wa Minkum Taqabbal Yaa Kariim. Karena Hari Raya Idul Fitri tahun 2021 ini juga bersamaan dengan Perayaan Hari Kenaikan Isa Almasih maka tak lupa beliau sampaikan Selamat Merayakan Hari Kenaikan Isa Almasih. Selain itu, Bapak Ketua Pengadilan Agama Sumenep juga memberikan tausyah sesuai dengan tema acara yaitu Bersama Merajut Kebersamaan dengan Semangat Kebaikan dan Keikhlasan. Semoga perbedaan ini menjadi titik tolak adanya sebuah persatuan.Karena Perbedaan merupakan anugerah yang patut kita syukuri dengan cara saling mengenali, memahami dan mengerti sehingga tercipta kehidupan yang rukun, aman, damai dan penuh dengan persaudaraan yang puncaknya kita dapat saling tolong menolong dalam kebaikan demi kemudahan dan kedamaian menjalani kehidupan bersama.

Acara “Halal Bihalal” selanjutnya adalah evaluasi terkait dengan efektifitas jalannya organisasi Dharmayukti ini. Kemudian acara selesai tepat pada pukul 12.00 WIB.  Ditutup dengan doa oleh Ibu. dan sebagai penutup dilanjutkan dengan menikmati konsumsi yang telah disediakan sebagai rasa syukur atas bulan ramadan yang sudah kita lalui sampai hari kemenangan ini.        

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat Merayakan Hari Kenaikan Isa Almasih. Dari Kami Dharmayukti Karini Cabang Sumenep.