Pengadilan Agama Sumenep

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA SUMENEP

Panitera PA Sumenep Ikut serta dalam Webinar Nasional BERPIHAK Sumenep

Berdasarkan surat undangan dari RUMAH KITAB, PA Sumenep diundang dalam acara Webinar Nasional BERPIHAK. Guna memenuhi webinar nasional tersebut, Bapak Drs. H. Laseman, M.H selaku Panitera PA Sumenep ikut serta dalam webinar nasional tersebut mewakili Ketua PA Sumenep yang berhalangan hadir.
Webinar Nasional dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2020 dari jam 09.30 – 12.30 WIB melalui aplikasi zoom meeting di ruang Media Center PA Sumenep.

Adapun materi yang disampaikan yaitu tentang Peran Para Pelopor Pencegaran Perkawinan Anak di Wilayah Terdepan. Sekitar dari jam 09.30 – 10.00 webinar nasional tersebut dibuka oleh pembawa acara, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan diantaranya: sambutan pertama disampaikan oleh Ibu Fadilla D. Putri selaku perwakilan dari Rumah Kita Bersama, sambutan kedua disampaikan oleh Ibu Adyani Widowati perwakilan dari Ford Foundation, sambutan ketiga disampaikan oleh Lenny N. Rosalin, M.Fin selaku Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, dan sambutan terakhir disampaikan oleh Ibu Dr. Hari Nur Cahya Murni, M.Si selaku PLH Dirjen Bina Pembangunan Daerah Dalam Negeri sekaligus membuka acara.

Selanjutnya, Penyampaian materi webinar nasional yang disampaikan secara bergantian oleh perwakilan dari ketiga daerah yang ditunjuk dan diajak bekerjasama oleh Rumah Kitab, diantaranya:

  1. Ibu Nurasiah Jamil sebagai Program Officer wilayah Cianjur Jawa Barat, menyampaikan tentang Upaya Bersama Cegah Kawin Tak Terencana: Advokasi Pencegahan Perkawinan Anak di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
  2. Ibu Nurul Sugiyati sebagai Asisten Program Officer wilayah Sumenep, menyampaikan tentang Budaya Untuk Berdaya: Upaya Advokasi Pencegahan Perkawinan Anak di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.
  3. Ibu Nursyida Syam sebagai Asisten Program Officer wilayah Lombok Utara, menyampaikan tentang Menjaga Remaja Pasca Bencana: Upaya Advokasi Pencegahan Perkawinan Anak di Kabupaten Lombok Utara, NTB.
    Kemudian seusai materi disampaikan, dilanjutkan sesi tanya jawab terkait tema pada webinar nasional tersebut. Training tersebut diadakan oleh RUMAH KITAB dengan tujuan berbagi upaya-upaya strategis dan tantangannya dalam pencegahan perkawinan anak untuk memberikan rekomendasi bagi program-program selanjutnya agar dapat lebih efektif dan tepat sasaran dalam menangani isu perkawinan anak. Dalam pendampingannya RUMAH KITAB telah memetakan pencapaian, tantangan, dan aktor-aktor yang menjadi pioneer di tiga wilayah terdepan dalam menghadapi perkawinan anak diantaranya Lombok Utara mewakili Nusa Tenggara Barat, Sumenep mewakili Jawa Timur, dan Cianjur mewakili Jawa Barat.(DA)

#BersamaAmanahKreatifSolutifInspiratif