Pengadilan Agama Sumenep

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA SUMENEP

CPNS PA Sumenep Mengikuti LATSAR MA RI 2021

Jazaak Firdaus Syafaat, S.T saat mengikuti Latsar CPNS

Sumenep – Sebelum ditetapkan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), seorang Calon PNS (CPNS) perlu mendapatkan pembinaan terlebih dahulu. Pembinaan yang dinamakan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) ini,  merupakan pendidikan dan pelatihan dalam masa prajabatan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi CPNS.

Mahkamah Agung (MA) RI melalui Badan Litbang Diklat Kumdil telah membuka kegiatan Latsar CPNS MA pada Senin (05/04/2021) secara online melalui aplikasi Zoom meeting. Pembukaan Latsar berlangsung pada pukul 08.00 s.d. 10.00 WIB . Acara tersebut dibuka oleh Dr. Zarof Ricar, S.H., S.Sos., M.Hum. selaku Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI.

Salah satu CPNS Pengadilan Agama (PA) Sumenep, Jazaak Firdaus Syafaat, S.T., juga mengikuti kegiatan tersebut secara daring dari ruang kerjanya. Jazaak tergabung dalam Gelombang I Angkatan 6 dengan jadwal Latsar dimulai pada tanggal 5 April s.d. 19 Juli 2021.

“Ada 2028 orang CPNS MA, yang jadwal pelatihannya akan dibagi dalam beberapa gelombang. Untuk gelombang I sendiri sekitar 400 orang.”, ujar Jazaak.

Namun, Jazaak merasa pelaksanaan Latsar CPNS kali ini kurang maksimal karena kurangnya interaksi langsung dan kebersamaan antar peserta. Karena pelaksanaan Latsar kali ini tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya di mana Latsar CPNS dilaksanakan secara tatap muka dengan berkumpul di satu lokasi pelatihan yang sama.

“Semoga dengan adanya LATSAR online ini, panitia membuat terobosan baru agar nilai-nilai yang ada pada DIKLAT sebelumnya tidak berkurang dan sesuai dengan harapan kami selaku peserta maupun panitia sebagai penyelenggara”, tutur pria yang menjabat sebagai Pranata Komputer Ahli Pertama itu. (ASR)