Pengadilan Agama Sumenep

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA SUMENEP

KPA Sumenep Mengikuti Laptah Mahkamah Agung RI Tahun 2020 Secara Virtual

(Ketua PA Sumenep Moh. Jatim, S. Ag., M.H.I. saat mengikuti acara pembacaan Laptah MA RI secara virtual)

pa-sumenep.go.id Moh. Jatim, S. Ag., M.H.I., selaku Ketua Pengadilan Agama (KPA) Sumenep mengikuti Laporan Tahunan (Laptah) Mahkamah Agung Republik Indonesi Tahun 2020 pada Rabu, 17 Februari 2021 secara virtual melalui Zoom Meeting di ruang Media Center PA Sumenep.

Rapat pleno yang dimulai pada pukul 10.00 WIB tersebut diawali dengan menyanyikan lagu mars Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI), Gending Sriwijaya, dan dilanjut dengan lagu daerah oleh Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Undip yang mendunia.

Baca juga : Pelaksanaan Rapat Evaluasi Kinerja Pegawai Tahun 2020 di PA Sumenep

Ada yang berbeda dalam penyelenggaraan Laporan Tahunan Mahkamah Agung RI tahun 2020. Kali ini, penyampaian laporan oleh Ketua MA dilakukan secara Virtual, dengan mengundang seluruh satuan kerja peradilan di seluruh Indonesia.

Seluruh tamu undangan Laptah MA RI 2020 menyanyikan lagu Indonesia Raya di Gedung MA RI pada Rabu (Foto: screenshot Zoom)

Dalam sambutannya, Ketua MA DR. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. mengatakan bahwa acara Laptah ini juga diikuti secara virtual oleh semua warga peradilan di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari Mianga sampai Pulau Rote.

“Sidang Istimewa MA RI dengan agenda tunggal Laptah tahun 2020 pada hari ini, rabu 17 Februari 2021 terbuka dan dibuka untuk umum ”, ujarnya saat membuka sidang terbuka.

Lebih lanjut dikatakan bahwa selama tahun 2020 penerapan peradilan secara elektronik di lingkungan Mahkamah Agung mengalami peningkatan baik dari kualitas maupun kuantitasnya.

“Sejak dua tahun lalu E-court dilahirkan, telah mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Dari sisi payung hukum sejak diterbitkannya PERMA Nomor 1 Tahun 2018, MA telah membuat aturan dan petunjuk teknis berupa PERMA Nomor 1 Tahun 2019 serta PERMA Nomor 4 Tahun 2020 tentang Administrasi dan Persidangan Secara Elektronik. Semua regulasi tersebut menjawab tantangan khususnya di masa pandemi ini dan bahkan secara terukur mempercepat tercapainya tujuan dan cita-cita Blue Print Mahkamah Agung 2010-2035″.

Turut Hadir juga dalam Acara Laporan Tahunan ini, Presiden , Wakil Presiden, para Pimpinan Lembaga Negara, para Ketua Mahkamah Agung Negara-negara Sahabat, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI, Jaksa Agung, Kapolri, hingga para Pejabat Tinggi lainnya.

Selain itu, penyelenggaraan Pameran Kampung Hukum yang biasanya dilaksanakan bersamaan dengan Laporan Tahunan MA, untuk tahun ini ditiadakan mengingat kondisi pandemi yang masih belum berakhir.

Kontributor : Jazak
Editor : Sapuan

Tinggalkan komentar