pa-sumenep.go.id – Pengadilan Agama Sumenep selalu berusaha untuk berbenah diri demi menjadi Badan Peradilan yang unggul. Maka dari itu pada kamis pagi yang cerah ini, aparatur pegawai dan PPNPN bagian Kesekretariatan mengawali hari dengan melaksanakan Rapat Monitoring dan Evaluasi Program Kerja Kesekretariatan yang bertempat di ruang pertemuan Pengadilan Agama Sumenep Kelas 1A. Penyelenggaraan kegiatan rapat tersebut dilaksanakan pada Kamis, 16-02-2023 pukul 08.00 WIB – 10.30 WIB. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Yang Mulia Ketua didampingi Yang Mulia Wakil Ketua dan Sekretaris Pengadilan Agama Sumenep.
Rapat berlangsung tertib dan khidmat, mengingat rapat ini merupakan monitoring dan evaluasi terhadap program kerja yang akan dan telah dijalankan di bulan lalu dan di triwulan kedepan. Sekretaris membuka rapat kemudian dilanjutkan dengan pembacaan notulen oleh Kasubbag. Umum dan Keuangan. Kemudian rapat beralih ke pembinaan dan arahan oleh Yang Mulia Ketua, beliau mengatakan bahwa pelaksanaan rapat ini bertujuan untuk mengevaluasi kembali terkait perencanaan program kerja yang lalu apakah sudah terpenuhi atau tidak. Selain itu beliau mengatakan bahwa rapat ini merupakan ruang untuk kita bagian kesekretariatan menyatukan presepsi. Seperti yang sering dikatakan beliau bahwa “jangan sampai bola mati ditangan kita, yang artinya jangan sampai informasi hanya sampai di tangan anda,”ungkapnya.
Baca juga: PA Sumenep Adakan Rapat Program Kerja Kepaniteraan
Kemudian beliau melanjutkan dengan membacakan penilaian triwulan ke IV oleh PTA Surabaya bahwa Pengadilan Agama Sumenep berada di ranking 88, dimana Pengadilan Agama Sumenep perlu mensosialisasikan lagi inovasi-inovasi aplikasi dan non aplikasi di Kinsatker. Hal tersebut menjadi perhatian Pimpinan dikarenakan inovasi di Pengadilan Agama Sumenep perlu peremajaan. Menurutnya dengan mengetahui penilaiaan-penilaian tersebut, kami sebagai satuan kerja di peradilan diperlukan untuk agar tau sejauh mana kemampuan dan posisi satker kami saat ini. “Penilaian -penilaian ini saya bacakan agar perlu untuk diketahui sejauh mana kemampuan dan posisi satker kita,”tuturnya.
Beliau juga melakukan evaluasi terhadap Bagian kepegawaian dan bagian Umum dan Keuangan, yang mana beliau berpendapat “untuk kepegawaian perlu untuk merapikan arsip dokumen-dokumen seperti SK, MOU, dan SOP sehingga ketika mencari dokumen tidak repot, kemudian untuk di keuangan juga untuk tertib administrasinya agat ketika kedatangan BPK kita tidak bingung,”ungkapnya. Setelah itu rapat beralih ke tindak lanjut dari evaluasi yang dibacakan oleh masing-masing Kepala Sub. Bagian Kesekretraiatan diantaranya: Umum dan Keuangan, Kepegawaian dan Ortala, serta Perencanaan,Teknologi Informasi dan Pelaporan (PTIP).
Kasubbag Bagian Umum dan Keuangan menyampaikan bahwa telah dilakukan pengecekan terkait kebersihan di setiap ruangan dan kamar mandi, serta telah diberlakukan peng upgrade an terkait Sarana dan Prasarana ruang Pimpinan. Kemudian Kasubbag. Kepegawaian yang menyampaiakan terkai absen finger print yang telah dilakukan pengintegrasian ke PTA Surabaya, Data pengajuan CPNS menjadi PNS dan pengajuan penghargaan Tanda Jasa pegawai sudah diajukan, serta Dokumen kebutuhan kedatangan BPK sudah disiapkan, dan kedepannya akan diadakan pelaksanaan Baperjakat. Sedangkan untuk Kasubbag. PTIP kedepannya akan dilaksanakan agenda dalam menerbitkan inovasi-inovasi terbaru di minggu depan.
Teakhir Yang Mulia Wakil Ketua memberikan arahan tentang kinerja kesekretariatan terkait kebersihan dan keindahan ruangan serta mengajak seluruh personel kesekretariatan untuk mengapresiasi Tim Medsos Pengadilan Agama Sumenep. Beliau mengatakan “Tim Medsos perlu dukungan dari semua pihak dengan like, comment, dan share postingan di media sosial baik di Facebook dan Instagram serta Berita di Website kita,”tutrnya. Terakhir di akhir rapat Sekretaris menyampaikan sedikit pesannya “semoga rapat ini memberikan kita pencerahan dan semangat dalam melaksanakan program kerja kita khususnya di kesekretariatan,”tuturnya. (Tim Medsos)