Pengadilan Agama Sumenep

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA SUMENEP

PA Sumenep Ikuti Pembinaan Dirjen Badilag MA RI Tahun 2021

Sumenep – Pengadilan Agama (PA) Sumenep memenuhi undangan Pembinaan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI (Dirjen Badilag MA RI) pada Rabu (15/09). Acara ini dihadiri oleh satker-satker di lingkungan PTA Surabaya dan dimulai pada pukul 08.30 s.d. 10.00 WIB sesuai surat Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Surabaya Nomor W13-A/3922/HM.00/9/2021 tanggal 14 September 2021.

Jamadi, Lc., M.E.I., Drs. H. Laseman, M.H., Masdura, S.H. dan R. Abd. Berri H. L., S.Ag., M.Hum. masing-masing selaku Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris dan Hakim PA Sumenep mengikuti acara pembinaan tersebut melalui aplikasi Zoom meeting dari ruang Media Center PA Sumenep.

Acara pembinaan ini dibuka dengan sambutan Ketua PTA Surabaya, Drs. H. Mohammad Yamin Awie, S.H., M.H. yang kemudian dilanjutkan oleh Dirjen Badilag MA RI, Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H., selaku narasumber kegiatan ini.

Dalam kesempatan tersebut, Dirjen Badilag menyampaikan berbagai kebijakan Badilag dan inovasi-inovasi yang telah diresmikan.

“Badilag menghimbau untuk banyak melakukan inovasi dan kerjasama dengan instansi lain dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, untuk melayani umat.”, tegasnya.

Bapak Aco Nur mencontohkan beberapa kerjasama internasional yang telah dilakukan Badilag seperti MoU dengan negara Malaysia, Arab Saudi dan Family Court of Australia.

Selanjutnya, beliau membahas beberapa kebijakan di antaranya :

  1. Surat Edaran Ditjen Badilag Nomor 2/2021 Tentang Pemberitahuan dan Pengembalian Sisa Panjar Biaya Perkara
  2. Surat Edaran Ditjen Badilag Nomor 3/2021 Tentang Bimtek Berkelanjutan yang Wajib Diikuti
  3. Surat Dirjen Badilag Nomor 2220/DjA/OT.01.3/7/2021 tentang Poster Penyampaian Keluhan dan Pengaduan
  4. Surat Dirjen Badilag Nomor 2808/DjA/OT.00/8/2021 tentang Persiapan Penilaian Pembangunan ZI Menuju WBK dan WBBM Tahun 2021
  5. Surat Dirjen Badilag Nomor 1960/DJA/HK.00/6/2021 tentang Jaminan Pemenuhan Hak-hak Perempuan dan Anak Pasca Perceraian

Di akhir acara, Dirjen Badilag kembali memotivasi kepada seluruh Pengadilan Agama di Jawa Timur untuk tetap terus berinovasi dan jangan Lelah untuk bekerja lebih baik lagi.

“Terus bergerak, berinovasi, jangan berhenti dan jangan Lelah untuk bekerja lebih baik. Apapun yang kita lakukan niatkan untuk beribadah kepada Allah SWT dan niatkan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.”, pungkasnya.

Tinggalkan komentar