Pengadilan Agama Sumenep

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA SUMENEP

HATIWASDA PTA Surabaya Kunjungi PA Sumenep

Sumenep –Tim Hakim Tinggi Pengawas Daerah (HATIWASDA) dari Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Surabaya melakukan kunjungan ke Pengadilan Agama (PA) Sumenep dalam rangka pengawasan dan pembinaan. Agenda pengawasan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari yaitu pada tanggal 25, 26 dan 27 Oktober 2021.

Tim HATIWASDA PTA Surabaya tersebut berjumlah 5 (lima) orang yang terdiri dari Drs. H. Muhammad Syafi’ie Thoyyib, S.H., M.H. (Hakim Tinggi), Dra. Hj. Suffana Qomah (Panitera Muda Hukum), Ricky Riyyanno, S.E., S.H., M.H. (Kasubbag Renprog dan Anggaran), Zainul Hudaya, S.H. (Panitera Pengganti), dan Ika Karlina, S.H., M.H. (Pranata Keuangan APBN).

Pada hari pertama dan kedua pengawasan, Tim HATIWASDA melakukan evaluasi menyeluruh terhadap seluruh bagian/area baik di bidang Kepaniteraan maupun Kesekretariatan. Mereka pun melakukan pemeriksaan terhadap area pelayanan publik seperti ruang PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu), ruang tunggu para pihak, ruang Mediasi, hingga toilet disabilitas.

Selanjutnya pada hari ketiga sekaligus hari terakhir pengawasan, yaitu hari Rabu (27/10), Tim HATIWASDA melakukan expose hasil pengawasan yang dilakukan selama dua hari sebelumnya. Agenda yang juga dihadiri oleh seluruh jajaran Pimpinan, Hakim dan karyawan PA Sumenep ini bertujuan untuk menyampaikan seluruh temuan sekaligus memberikan pembinaan. Pada kesempatan ini, Drs. H. Muhammad Syafi’ie Thoyyib, S.H., M.H. menyampaikan bahwa tujuan dari pengawasan ini bukan untuk mencari-cari kesalahan atau kejelekan namun untuk melakukan perbaikan.

“Buang dan perbaiki hal-hal yang jelek agar kita menjadi lebih baik lagi. Karena tidak ada yang sempurna, kecuali Allah yang Maha Benar.”, ujar Hakim Tinggi yang sekaligus Ketua Tim HATIWASDA tersebut.

Di akhir acara, Ketua Tim HATIWASDA menyerahkan temuan hasil pengawasannya kepada Ketua PA Sumenep, Moh. Jatim, S.Ag., M.H.I. disertai dengan himbauan agar segera ditindaklanjuti. Ketua PA Sumenep pun berkomitmen untuk sesegera mungkin menindaklanjuti temuan Tim HATIWASDA tersebut.

“Ke depannya akan dibenahi. Di tahun 2022, akan ada alokasi anggaran untuk pemeliharaan gedung dan sarana prasarana. Anjungan Gugatan Mandiri pun sudah disiapkan.”, pungkas Ketua PA Sumenep.