Pengadilan Agama Sumenep

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA SUMENEP

Apel Pagi Pekan Terakhir Bulan Maret : Komitmen dalam Membangun Zona Integritas

Sumenep – Senin, 29 Maret 2021, segenap pimpinan, hakim, jajaran pejabat kepaniteraan dan pejabat kesekretariatan serta seluruh pegawai Pengadilan Agama (PA) Sumenep mengikuti apel sebagaimana yang rutin dilaksanakan setiap Senin pagi.

Apel berlangsung pada pukul 07.40 s.d. 08.00 WIB di halaman depan PA Sumenep. Apel berlangsung khidmat serta tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Apel dipimpin oleh Jufriyanto Adi P. selaku komandan upacara dan dipandu oleh Afifah Sheila Rahmi, S.Si. selaku pembawa acara, serta Lili Nur Indah Sari, S.Ak. bertugas sebagai pembaca visi dan misi PA Sumenep.

Pada kesempatan kali ini, ketua PA Sumenep, Moh. Jatim, S.Ag., M.H.I., bertindak sebagai pembina upacara.

Moh. Jatim, S.Ag., M.H.I. saat menyampaikan amanat | Foto : Jazaak

Dalam amanatnya, beliau mengingatkan kembali bahwa predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) yang diperoleh PA Sumenep tentu tidak lepas dari kinerja dan pelayanan yang diberikan oleh para karyawan. Oleh karena itu, kinerja baik tersebut harus semakin dimaksimalkan.

Dengan predikat WBK yang diberikan oleh Kementerian PAN-RB itu, PA Sumenep kini dijadikan sebagai contoh/panutan oleh PA lain.

“PA Pamekasan, PA Sampang, PA Bangkalan sudah mereplikasi aplikasi kita. Seperti aplikasi SATE, untuk antrian sidang, alhamdulillah juga bermanfaat bagi PA yang lain.”, tutur Moh. Jatim.

Baca Juga : KemenpanRB Berikan Predikat WBK PA Sumenep

Inovasi PA Sumenep yang direplikasi oleh PA lain, di antaranya adalah SATE (Sistem Antrian Terpadu), BUTAMIN (Buku Tamu Terintegrasi) dan SIASUM (Sistem Informasi Aplikasi Surat Masuk dan Keluar). Hal tersebut menunjukkan keseriusan PA Sumenep dalam mendukung pembangunan Zona Integritas. Tidak hanya memudahkan pelayanan dalam internal PA Sumenep, tetapi juga dapat bermanfaat dan diterapkan di satker lain. Seperti yang ditegaskan Moh. Jatim pada akhir amanatnya,

“Saya sebagai Ketua PA Sumenep, berkomitmen untuk membangun Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani atau WBBM, dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.”

Di penghujung acara, apel ditutup dengan pembacaan do’a oleh Drs. H. M. Arifin. Semoga keluarga besar PA Sumenep selalu diberi kesehatan dan tetap solid ke depannya.

Do’a bersama di akhir apel