Pengadilan Agama Sumenep

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA SUMENEP

PA Sumenep Ikuti Dua Bimtek Bidang Kesekretariatan se-Wilayah PTA Surabaya di Kota Batu

Batu – Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Surabaya menyelenggarakan 2 (dua) kegiatan diklat terkait kesekretariatan. Kegiatan tersebut yaitu Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Kompetensi Pengelola Kepegawaian dan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Keuangan dan SIMAK BMN di lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Tahun 2021.

Pelaksanaan kegiatan Bimtek ini berlangsung selama 3 (tiga) hari, yaitu Senin (28/06) s.d. Rabu (30/06), bertempat di Golden Tulip Resort Batu, Malang.

Pengadilan Agama (PA) Sumenep menugaskan Elly Kusdiana Hobaidah, S.Ag. selaku Kasubbag Umum dan Keuangan PA Sumenep dan Ariyanto sebagai operator untuk menghadiri Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan dan SIMAK BMN. Sedangkan untuk Bimtek Pengembangan Kompetensi Pengelola Kepegawaian, PA Sumenep diwakili oleh Sekretaris dan Kasubbag Kepegawaian yaitu Masdura, S.H. dan Kusno Rahardi, S.H.

Kegiatan ini dihadiri oleh 159 peserta yang berasal dari lingkungan PTA Surabaya. Selain itu, dikarenakan saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir maka seluruh peserta Bimtek diwajibkan untuk mengirimkan hasil tes Rapid Antigen terlebih dahulu sebelum menghadiri kegiatan. Bila ada peserta dengan hasil tes rapid positif maka akan digantikan dengan pejabat/pegawai yang ditunjuk dengan hasil rapid negatif.

Baca Juga : PA Sumenep Hadiri Sosialisasi dan Bimtek Penatausahaan Keuangan Perkara secara Elektronik

Kegiatan Bimtek tersebut dibuka pada Senin (28/06) dengan diawali oleh sambutan Sekretaris PTA Surabaya, Agus Widyo Susanto, S.H., M.H.  Dalam sambutannya, beliau berharap agar para peserta dapat menyampaikan hasil bimtek yang diperoleh kepada unit kerja masing-masing dan dapat menjadi petunjuk untuk setiap ASN dalam mengelola kepegawaian dan menyusun laporan keuangan.

Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua PTA Surabaya, Drs. H. Mohammad Yamin Awie, S.H., M.H.

“Untuk mengelola urusan kepegawaian yang baik, yang melayani, transparan, akuntabel dan tidak berpihak diperlukan kompetensi yang baik begitu pula untuk menyajikan laporan keuangan. Oleh karena itu ikutilah bimbingan teknis ini dengan baik dan tekun agar nantinya dapat menimba ilmu dan pengetahuan yang dibutuhkan satuan kerja masing-masing sehingga dapat berkinerja baik dan unggul.”, tutur Ketua PTA Surabaya sebagaimana dikutip dari laman pta-surabaya.go.id.

Seusai pemberian sambutan, acara dilanjutkan dengan pemberian materi. Pada Bimtek Pengembangan Kompetensi Pengelola Kepegawaian, narasumbernya berasal dari BKN Kanreg II Surabaya, Biro Kepegawaian MA dan motivator sekaligus dosen Universitas Brawijaya.

Adapun materi yang diberikan dalam Bimtek yang berlangsung selama 3 (tiga) hari tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Manajemen Pemberhentian dan Pensiun ASN
  2. Manajemen Pengembangan Karir ASN
  3. Kebijakan Pembinaan Karir PNS dalam Jabatan Fungsional
  4. Penetapan PAK, Kenaikan Jenjang Jabatan/Pangkat bagi PNS Jabatan Fungsional

Sedangkan narasumber pada Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan dan SIMAK BMN berasal dari Biro Keuangan MA dan KPKNL Malang. Adapun materinya yaitu:

  1. Penyusunan Laporan Keuangan dan Hasil Audit BPK (Nugroho Urip W)
  2. Penatausahaan BMN dan Update Aplikasi Baru (M. Ulin Nuha)

Kontributor : Afifah Sheila Rahmi

Editor : Sapuan