Pengadilan Agama Sumenep

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA SUMENEP

Mahasiswa Magang UTM Mengikuti Praktik Sidang Semu di PA Sumenep

Sumenep | www.pa-sumenep.go.id

Kamis, 11 Februari 2021 Pengadilan Agama Sumenep menggelar sidang bertempat di ruang sidang Pertama yang dimulai pada pukul 14.30 WIB s.d. selesai. Tidak seperti biasanya, sidang kali ini dilakukan oleh mahasiswa magang yang berasal dari Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

Studi magang mereka di PA Sumenep dimulai pada akhir bulan Januari 2021 dengan dosen pamong Sapuan, S.H.I, M.H. dan hari ini merupakan hari terakhir studi magang mereka. Sidang semu yang dilakukan dengan tujuan memberikan pemahaman kepada para mahasiswa magang mengenai tugas para anggota persidangan.

Dibimbing oleh Dra. Hj. Nurul Qalbi, M.H.E.S., ketiga belas mahasiswa mendapatkan peran masing-masing dalam praktik sidang tersebut.

(Dra. Hj. Nurul Qalbi, M.H.E.S. saat memberikan pengarahan sidang semu mahasiswa)

Mereka berperan ada yang menjadi Hakim Ketua, Hakim Anggota, Panitera/Panitera Pengganti, Pengacara, Penggugat, Tergugat, hingga saksi para pihak di persidangan.

Khusus untuk mahasiswa yang berperan sebagai Majelis Hakim, mereka memakai toga berwarna hijau yang merupakan atribut wajib bagi hakim Pengadilan Agama saat bersidang.

Dengan selesainya magang mahasiswa UTM di Pengadilan Agama Sumenep diharapkan mahasiswa bisa mengambil pengalaman dan pengetahun yang selama kurang lebih tiga pekan digali di PA Sumenep.

Tinggalkan komentar