Pengadilan Agama Sumenep

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA SUMENEP

Kultum Ramadhan Perdana 1443 H: Amalan-Amalan Utama Bulan Ramadhan

Sumenep – Kultum perdana semarak Ramadhan 1443 H disampaikan oleh Bapak Moh. Jatim, S.Ag., M.H.I. selaku ketua Pengadilan Agama Sumenep (5/4) yang berlangsung di Mushala Al-Mizan II ba’da Dzuhur berjamaah.

Tema ceramah Ramadhan kali ini mengupas tentang keistimewaan dan amalan-amalan utama di Bulan Ramadhan yang berlangsung selama kurang lebih 20 menit.

Ketua PA Sumenep Moh.Jatim, S. Ag.,M.H.I. saat menyampaikan ceramah Ramadhan

Dalam ceramahnya, beliau memaparkan bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan suci, bulan istimewa, bulan penuh kemuliaan, serta keberkahan yang sayang apabila dilewatkan begitu saja. Terlebih ada banyak keutamaan dan keistimewaan, sehingga bisa menjadi waktu terbaik bagi umat Islam untuk memperbaiki diri meningkatkan keimanan.

Baca juga: Kultum Ramadhan Edisi Perdana 1442 H, KPA Sumenep : Tunaikan 5 Amalan Utama di Bulan Ramadhan

Aparatur PA Sumenep yang mengikuti kegiatan Ceramah Ramadhan ba’da dzuhur

Semua amal sholeh yang dilakukan pada bulan ini akan mendapat balasan lebih banyak dan lebih baik. Tak heran bila kemudian bulan Ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah.
Adapun amalan amalan yang dapat dimaksimalkan selama puasa ramadhan yaitu diantaranya:

  1. Sholat Tarawih

“Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau” (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).

  • Membaca Al Qur’aan

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Bukhari).

  • Bersedekah

“Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya.’” (HR. Muslim no.1151)

Selain itu, untuk meningkatkan rasa syukur kita bertemu bulan ramdhan ini dapat memperbanyak amalan lainnya diantaranya memperbanyak sholawat nabi, menghidupkan malam Lailatul Qadar, memperbanyak istigfar, dan I’tikat di masjid.

Jangan sampai kita menjadi orang merugi yang hanya menahan dahaga saja tanpa mendapatkan keistimewaan bulan Ramadhan tahun ini.

kontributor: Indah

editor: Berri

Tinggalkan komentar