pa-sumenep.go.id – Dalam rangka meningkatkan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan menjelang akhir bulan, Pengadilan Agama Sumenep melaksanakan kegiatan rutin Briefing setiap pagi bagi seluruh petugas pelayanan yang meliputi : Petugas PTSP, Petugas Resepsionis, Petugas Sidang, dan Satpam pada pagi hari ini Rabu, 31 Mei 2023. Briefing dilaksanakan di ruang tunggu para pihak pada pukul 08.00 WIB. Sebagai pembrifing kali ini adalah Panmud. Gugatan Moh. Hasyim, S.H. didampingi Panmud. Hukum Suswati S.H. sebagai Pembawa acara dan Panitera Panitera Imran Saleh, S.H. serta Plh. Sekretaris Kusno Rahardi, S.H. Briefing diselenggarakan bertujuan untuk memberikan semangat dan menyatukan Visi dan Presepsi satu sama lain untuk mengecek kesiapan petugas pelayanan Pengadilan Agama Sumenep.
Baca juga: PA Sumenep Ikuti Pembinaan & Rapat Koordinasi Persiapan Pagu Indikatif TA 2024
Dalam sambutannya Bapak Hasyim menyampaikan sebagai instansi pelayanan, Petugas pelayanan Pengadilan Agama Sumenep diwajibkan menerapkan 5 S (Senyum,Sapa, Salam, Sopan, dan Santun) dalam melayani para pihak. Karena pelayanan merupakan ujung tombak Pengadilan Agama Sumenep menuju WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Setiap pelayan publik wajib menjunjung tinggi nilai-nilai etika dalam penyelenggaraan pelayanan publik sehingga tercipta budaya pelayanan yang prima. Budaya pelayanan prima merupakan salah satu bagian dari Reformasi Birokrasi untuk menjawab tuntutan masyarakat yang menghendaki perubahan total di segala bidang penyelenggaraan negara.
Dalam memberikan pelayanan, tidak boleh ada pungutan liar ataupun menghambat masyarakat dengan memberikan syarat-syarat yang tidak jelas dan tidak transparan. Dengan demikian, dampaknya akan langsung dirasakan masyarakat sehingga terwujud good governance. Selain itu Bapak Hasyim mengingatkan kepada satpam untuk lebih menertibkan lagi para pihak yang ada di ruang tunggu dan di luar. Beliau menuturkan bahwa kenyamanan para pihak terlihat juga dari segi ketertiban. (Tim Medsos)