Pengadilan Agama Sumenep

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA SUMENEP KELAS I A

Simulasi Sidang Mahasiswi INSTIKA Gel. III di PA Sumenep

pa-sumenep.go.id – Hari ini Kamis (08/12) telah berlangsung pelaksanaan Simulasi Sidang oleh Mahasiswi Fakultas Syariah Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Gelombang III yang dibimbing oleh Wakil Ketua PA Sumenep Moh. Jatim, S.Ag sebagai Hakim Pamong mahasiswi tersebut di ruang sidang utama PA Sumenep. Kegiatan Simulasi Sidang ini diikuti oleh seluruh peserta mahasiswi Praktikum INSTIKA.

Baca juga: Ketua PA Sumenep Melantik Hakim dan Panitera Baru

Proses Simulasi Sidang ini berlangsung lancar dan khidmat. Wakil Ketua PA Sumenep Moh. Jatim, S.Ag sebagai Hakim Pamong mengajak mahasiswi INSTIKA untuk lebih interaktif dan komunikatif dalam persidangan. Hal ini bertujuan agar mereka mengetahui bagaimana praktek persidangan yang baik dan benar menurut hukum acara perdata, yang sebelumnya hanya sebatas teori saja dari kesempatan yang luar biasa itu bisa dijadikan pengalaman serta ilmu yang bermanfaat.

Pelatihan sidang semu bertujuan untuk membekali skills para mahasiswa terkait praktik sidang, mulai dari pembukaan sidang, pemeriksaan surat-surat, pembacaan Gugatan, pemeriksaan alat bukti surat dan saksi-saksi, penyampaian kesimpulan, musyawarah majelis hingga pembacaan putusan serta penjelasan tentang upaya hukum yang dapat ditempuh apabila ada pihak yang tidak puas.Di akhir kegiatan tersebut beliau berharap”Dengan adanya simulasi sidang ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pemahaman para mahasiswi INSTIKA, agar mereka bisa memahami proses dan tahapan-tahapan persidangan sebagai pedoman nantinya agar bertindak secara proporsional,” papar Jatim. (Tim Medsos)

Tinggalkan komentar