Pengadilan Agama Sumenep

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA SUMENEP

Pintu Surga Dibuka, Manfaatkan Bulan Ramadan Penuh Rahmat Sebaik-Baiknya

pa-sumenep.go.id – Kultum kelima bulan Ramadhan 1443H (19/04) disampaikan oleh R. Abdul Berri  H. L., S.Ag., M.H. selaku Hakim Pengadilan Agama Sumenep di Mushola Al-Mizan ba’da salat dzuhur berjamaah. Tema ceramah kali ini tentang memanfaatkan bulan Ramadhan yang penuh rahmat dengan sebaik-baiknya.

R. Abdul Berri sedang menyampaikan ceramah di Mushola Al-Mizan PA Sumenep (Foto : Yuda)

“Pintu surga telah dibuka lebar dan pintu neraka ditutup rapat. Alangkah sayangnya jika tidak memanfaatkan pintu surga yang telah dibuka untuk memberikan jalan masuk dengan mudah ke dalamnya. Dan alangkah celakanya karena pintu neraka telah ditutup namun masih ada kecenderungan untuk masuk ke dalamnya”, paparnya.

Beliau menyampaikan bahwa hal ini juga telah secara tegas disebutkan dalam hadits sahih. Rasulullah SAW bersabda, “Apabila masuk bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka dikunci, dan setan-setan dibelenggu” (HR. Bukhari-Muslim).

Baca juga : Kultum Keempat 1443 H PA Sumenep: Dengan Sabar, Hati Tenang Puasa Lancar

“Semoga kita dapat memanfaatkan bulan yang penuh rahmat ini sebaik-baiknya. Semoga kita senantiasa diberi kemudahan untuk beribadah, dan dijauhkan dari perbuatan-perbuatan yang menghapus pahala puasa Ramadhan”, tutur Beliau sebagai penutup kultum hari ini. (Aca)

Tinggalkan komentar