Pengadilan Agama Sumenep

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA SUMENEP

Dekatkan Layanan kepada Masyarakat, PA Sumenep Selenggarakan Sidang Keliling di KUA Kecamatan Guluk-Guluk

Salah satu Tim Sidkel PA Sumenep memeriksa perkara isbat / pengesahan nikah di KUA Guluk-Guluk. Photo : Rian

pa-sumenep.go.id – Setelah meraih predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) Pengadilan Agama Sumenep Kelas Ib lebih gencar melaksanakan upaya pelayanan cepat, mudah dan murah kepada masyarakat pencari keadilan. Salah satunya pada Jumat, 12 Maret 2021 dengan melaksanakan Sidang Keliling (Sidkel) di Kecamatan Guluk-Guluk, kabupaten Sumenep.

Sidang Keliling adalah sidang pengadilan yang dilaksanakan di luar gedung pengadilan yang di peruntukan bagi masyarakat yang mengalami hambatan untuk datang ke kantor pengadilan karena alasan jarak, transportasi dan biaya.

Baca juga : Pelaksanaan Sidang Keliling di KUA Kecamatan Pragaan

Pelaksanaan sidang dipusatkan di Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Guluk-Guluk, kabupaten Sumenep yang perjalanannya bisa ditempuh selama kurang lebih satu jam dari kantor PA Sumenep.

“Sidang keliling di KUA kecamatan Guluk-Guluk, kabupaten Sumenep ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya yang akan mengesahkan pernikahannya (isbat nikah). Jika harus datang dan hadir di persidangan Pengadilan Agama (Kantor PA) mereka selama ini terkendala waktu dan biaya. Selain itu namanya masyarakat dari Desa mereka merasa ‘malu’ harus datang ke pengadilan”, kata Kepala KUA Guluk-Guluk.

Tim sidang keliling PA Sumenep terdiri dari 3 (tiga) orang hakim, 3 (tiga) orang Panitera Pengganti, 2 (dua) orang tenaga administrasi serta 2 (dua) driver.

Foto bersama Tim Sidang Keliling dengan Kepala KUA kecamatan Guluk-Guluk serta staf

Pelaksanaan sidang keliling berjalan lancar dan berakhir pada pukul 11.45 WIB dengan menyidangkan perkara isbat nikah sebanyak 27 perkara dan diakhiri dengan foto bersama Tim Sidang dengan Kepala KUA Guluk-Guluk bersama stafnya. (SPN)

Tinggalkan komentar