Pengadilan Agama Sumenep

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA SUMENEP

Apel Pagi Perdana Setelah Libur Lebaran 2021, KPA Sumenep : Buka Lembaran Baru Kita

Sumenep – Senin (17/05) merupakan hari pertama Pengadilan Agama (PA) Sumenep kembali aktif setelah libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H di pekan sebelumnya.  Di hari pertama ini apel pagi tetap berjalan sebagaimana yang rutin dilaksanakan setiap Senin pagi.

Segenap pimpinan, hakim, jajaran pejabat kepaniteraan dan pejabat kesekretariatan serta seluruh pegawai Pengadilan Agama (PA) Sumenep berkumpul di halaman depan PA Sumenep. Apel ini dimulai pada pukul 07.40 s.d. 08.00 WIB dan berlangsung dengan khidmat serta tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Apel dipimpin oleh Ariyanto selaku komandan apel dan dipandu oleh Afifah Sheila Rahmi, S.Si. selaku pembawa acara, serta Lili Nur Indah Sari, S.Ak. bertugas sebagai pembaca visi dan misi PA Sumenep.

Pada kesempatan kali ini, Ketua PA Sumenep, Moh. Jatim, S.Ag., M.H.I., menjadi pembina apel.

Dalam amanatnya, beliau menyampaikan agar memanfaatkan momen Hari Raya Idul Fitri ini dengan sebaik-baiknya. Salah satunya adalah dengan saling memaafkan antar sesama.

“Bulan Ramadhan adalah bulan latihan. Melatih iman, kedisiplinan dan kesabaran kita. Kemudian Lebaran mengajarkan kita untuk saling memaafkan. Apabila ada kesalahan ucapan dan perbuatan baik disengaja maupun tidak disengaja, mari kita saling memaafkan. Jangan ada amarah dan benci di antara kita.”, tutur Moh. Jatim.

Hakim yang juga pernah bertugas di PA Surabaya ini menambahkan bahwa sesuai makna Idul Fitri yaitu kembali ke fitrah, maka kelapangan hati dalam memaafkan ini sama seperti halnya membuka lembaran baru. Dengan membuka lembaran baru, kita dapat memulai kembali dari awal dan mengisi lembaran tersebut dengan catatan-catatan perilaku yang lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga : Apel Sore Pekan kedua Bulan April : Jalani Bulan Ramadhan dengan Hati yang Bersih

“Di lembaran baru ini, mari kita juga bangun kembali kekompakan dan kerjasama kita. Karena pekerjaan seberat apapun akan terasa ringan jika kita kompak bekerjasama. Dan sebaliknya, pekerjaan yang ringan akan menjadi berat jika tidak saling bekerjasama.”, imbuhnya.

Setelah apel pagi ditutup dengan pembacaan do’a oleh Drs. H.M. Arifin, kemudian dilanjutkan dengan acara Halal Bihalal. Semua pegawai PA Sumenep mulai dari Ketua, Hakim hingga honorer, bersalaman satu per satu dan saling memohon maaf tanpa terkecuali.

Semoga keluarga besar PA Sumenep selalu diberi keberkahan, kesehatan dan tetap solid ke depannya.

Kontributor : Afifah Sheila Rahmi

Editor : Sapuan, S.H.I., M.H.