Pengadilan Agama Sumenep

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA SUMENEP

Waka PA Sumenep Raih Nilai Tertinggi E-Test Calon Peserta Diklat Sertifikasi Hakim Ekonomi Syariah Tahun 2020

Sumenep | www.pa-sumenep.go.id

Wakil Ketua Pengadilan Agama Sumenep Moh. Jatim, S. Ag., M.H.I. meraih nilai tertinggi baik berdasarkan pembagian zona maupun secara nasional pada Seleksi Kompetensi Tertulis Calon Peserta Sertifikasi Hakim Ekonomi Syariah bagi Hakim tingkat pertama dan banding seluruh Indonesia dengan jumlah skor 73 (tujuh puluh tiga).

Sebanyak 349 peserta mengikuti seleksi ini. Hal ini terlihat dari hasil pleno E-Test yang dirilis oleh Ditjen Badilag pada tanggal 26 Nopember 2020 melalui dengan surat Nomor 3833/DjA.2/PP.00.1/11/2020, tanggal 16 November 2020.

Pelaksanaan E-Test sendiri dilangsungkan pada  hari Jumat, 20 Nopember 2020. Dan sesuai dengan juknis yang dilampirkan, peserta E-Test terbagi menjadi 3 (tiga) kelompok zona waktu dalam pelaksanaan ujian mengingat terdapat perbedaan waktu  pada masing-masing zona (WIB, WITA dan WIT).

Peserta yang dinyatakan lulus dalam E-Test ini sebanyak 127 peserta. Berdasarkan penjelasan Ditjen Badilag, seluruh nama-nama peserta yang lulus telah dikirimkan kepada Diklat Kumdil Mahkamah Agung Republik Indonesia dan selanjutnya seluruh peserta akan ditest dengan wawancara.

Semoga dengan semakin banyaknya hakim Ekonomi Syariah, semakin memperkuat kompetensi hakim Peradilan Agama dalam menerima dan memutus sengketa perkara Ekonomi Syariah di Indonesia khususnya di Pengadilan Agama Sumenep. (SPN)