Pengadilan Agama Sumenep

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA SUMENEP

INSTAGRAM PENGADILAN AGAMA SUMENEP

Keluarga Besar Pengadilan Agama Sumenep mengucapkan Selamat dan Sukses atas terpilihnya Dr. H. Andi Samsan Nganro, S.H., M.H. sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Yudisial. Semoga Sukses dalam menjalankan tugas dengan sebaiknya-baiknya dan selalu mendapatkan Petunjuk serta Perlindungan Allah SWT. Aamiin... ...

Kemenpan RB menggelar acara Pemberian Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas kepada satuan kerja yang dinyatakan lolos penilaian ZI tahun 2020 ini pada Senin (21/12/2020).

Acara tersebut diikuti oleh 50 unit kerja peraih Zona Integritas yang salah satunya adalah Pengadilan Agama Sumenep yang diikuti oleh Wakil Ketua PA Sumenep Moh. Jatim, S.Ag., M.H.I, Panitera PA Sumenep Drs. H. Laseman, M.H., dan Sekretaris Masdura S.H. di ruang media center PA Sumenep.

Untuk meraih dan mendapatkan predikat tersebut tidaklah mudah, selain bersaing dengan sebanyak 3691 satuan kerja seluruh Indonesia, ada juga evaluasi yang begitu banyak dan beberapa tahap penilaian yang harus dilalui.

Sebanyak 3.691 unit kerja layanan dari 70 kementerian/lembaga, 20 pemerintah provinsi, dan 161 pemerintah kabupaten/kota yang diusulkan dalam zona integritas (ZI), telah rampung dievaluasi. Evaluasi tersebut menghasilkan 763 unit kerja yang menerima predikat WBK serta WBBM.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, acara apresiasi dan penganugerahan zona integritas menuju WBK dan WBBM 2020 digelar dengan perpaduan antara tatap muka langsung (offline) dan melalui daring (online). Wakil Presiden RI, K.H Ma’ruf Amin hadir secara daring dan memberikan arahan pada para penerima predikat. Sementara Menteri PANRB Tjahjo Kumolo menyerahkan predikat WBK/WBBM secara langsung.

Penyerahan predikat ini merupakan bagian akhir dari rangkaian proses evaluasi Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM yang dilaksanakan sejak Agustus 2020. Kegiatan ini adalah sebuah bentuk apresiasi terhadap instansi pemerintah dan unit kerja yang sungguh-sungguh melaksanakan pembangunan zona integritas sehingga masyarakat mendapat pelayanan yang prima dan berintegritas.

Menurut Plt. Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Jufri Rahman, pembangunan ZI menuju WBK/WBBM merupakan langkah akselerasi guna mencapai sasaran reformasi birokrasi. Secara umum, targetnya adalah peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), serta peningkatan pelayanan publik.
...

Bimtek Jurusita di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Tahun 2020
Sumenep I www.pa-sumenep.go.id
Rabu (16/09/2020) Pengadilan Agama Sumenep menugaskan Drs. H. Laseman, M.H. untuk mengikuti Bimbingan Teknis Jurusita di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Tahun 2020 yang dilaksanakan di Hotel Singhasari Kota Batu, Malang. Acara tersebut berlangsung selama tiga hari yang di mulai dari hari Rabu (16/09/2020) pukul 12.00 s.d Jumat (18/09/2020) 11.30 WIB.Bimtek tersebut diikuti oleh seluruh jurusita peradilan agama se-jawa timur.
Pada Hari Pertama bimtek acara dibuka oleh Ketua PTA Surabaya dari pukul 16.00 s.d 17.00 dan di malam harinya dilanjutkan bimtek Kapita Selecta Sita Eksekusi pemateri dengan Drs. H. Mohammad Yamin Awie, S.H., M.H. pada pukul 19.00 s.d 20.30 WIB. kemudian dilanjutkan dengan materi Permasalahan Sita dan Penyelesaiannya oleh H. Cholidul Azhar, S.H., M.H. dari pukul 20.30 s.d 22.00 WIB.
Pada hari kedua acara dimulai dari pukul 07.30 -22.15 WIB,dengan runtutan acara materi sita atas tanah dan permasalahannya oleh BPN , ishoma dan dilanjutkan dengan materi lanjutan Prosedur dan tata cara lelang oleh KPKNL Malang, kemudian materi eksekusi riil dengan jumlah pembayaran oleh Sulhan, S.H.,M.H., Dan diakhiri dengan materi Penyelesaian Permasalahan eksekusi oleh Drs. H. Mohammad Yamin Awie, S.H., M.H.
Pada hari ketiga acara dimulai pukul 07.30 s.d 11.30 WIB denagn rentetan acara msteri E-litigasi, kemudian dilanjutkan dengan e-court banding oleh narasumber Mohammad Anton Dwi Putra, S.H., M.H dan diakhiri degan penutupan.
#bersamaamanahkreatifsolutifinspiratif
...

Wakil Ketua dan Panitera PA Sumenep menghadiri Rapat Koordinator Madura
Sumenep www.pa-sumenep.go.id
Wakil Ketua PA Sumenep Moh. Jatim, S.Ag., M.H.I dan Panitera PA Sumenep Drs. H. Laseman., M.H menghadiri rapat koordinator Madura.
Rapat yang rutin yang diadakan setiap sebulan sekali ini juga dihadiri oleh Ketua dan Panitera PA Bangkalan yang sekaligus pada rapat kali ini menjadi tuan rumah, Ketua dan Panitera PA Sampang, Ketua dan Panitera PA Pamekasan, Ketua dan Panitera PA Kangean.
Rapat tersebut berlangsung pada hari Jumat, tanggal 11 September 2020 dari pukul 13.00 – 15.30 WIB yang bertempat di Pengadilan Agama Bangkalan.
Rapat berjalan dengan lancar yang dipimpin oleh Drs. H. Parhanuddin selaku Ketua PA se-koordinator Madura sementara yang baru ditunjuk bulan kemarin.
Agenda dari rapat kali ini yaitu Pemilihan ketua Koordinator Madura dan hasil musyawarah memutuskan Ketua Pengadilan Agama pamekasan yang baru Drs. M. Shohih, S.H., M.H ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Pengadilan Agama yang baru.
Agenda selanjutnya sampai pada pembahasan Zona Integritas, perwakilan dari masing-masing PA secara bergantian menyampaikan hal-hal yang sudah dilaksanakan di PA masing-masing untuk mewujudkan zona integritas dan saling memberi saran untuk mewujudkan zona integritas.
Terakhir rakor membahas tentang evaluasi SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) antar PA se-koordinator Madura, hal ini dilakukan untuk terus meningkatkan kinerja dari SIPP itu sendiri.
Wakil Ketua PA Sumenep Moh. Jatim mengatakan dengan adanya rapat koordinator Pengadilan Agama se-Madura ini sangat membantu untuk kemajuan masing-masing Pengadilan Agama.
Moh. Jatim yang dikenal sebagai Mantan Hakim PA Surabaya itu, berharap Rapat Koordinator Madura ini bukan hanya rutinitas belaka namun dengan adanya pertemuan ini benar-benar bermanfaat untuk kemajuan Pengadilan Agama sekaligus merupakan ajang pertemuan untuk mempererat silaturrahmi. (DA)
#PASumenep
#Beraksi
#BersamaAmanahKreatifSolutifInspiratif
...