Pengadilan Agama Sumenep

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA SUMENEP

Apel Pagi di Pekan Kedua Agustus 2021, KPA Sumenep : Fokus Pembangunan ZI dan APM

Sumenep – Segenap pimpinan, hakim, jajaran pejabat kepaniteraan dan pejabat kesekretariatan serta seluruh pegawai Pengadilan Agama (PA) Sumenep berkumpul di halaman depan PA Sumenep untuk melaksanakan apel pada Senin (09/08). Apel ini dimulai pada pukul 07.40 s.d. 08.00 WIB sebagaimana yang rutin dilaksanakan setiap Senin pagi sebelum masa PPKM. Untuk diketahui selama masa PPKM, PA Sumenep tidak mengadakan apel dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah dalam mengurangi kegiatan berkerumun.

Apel dipimpin oleh Ariyanto selaku komandan apel dan dipandu oleh Lili Nur Indah Sari, S.Ak. selaku pembawa acara. Apel berlangsung dengan khidmat serta tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Pada kesempatan kali ini, Ketua PA Sumenep, Moh. Jatim, S.Ag., M.H.I., menjadi pembina apel.

Dalam amanatnya, beliau menghimbau kepada para aparatur PA Sumenep untuk meningkatkan kerjasama menghadapi penilaian Zona Integritas (ZI) dan Akreditasi Penjaminan Mutu (APM). Di mana dalam persiapannya, PA Sumenep telah menghadirkan inovasi-inovasi baru yang nantinya akan menjadi program unggulan satker. Inovasi tersebut di antaranya adalah:

1. Drive Thru

Pengambilan produk pengadilan dengan tetap berkendara, tanpa parkir dan tanpa antri.

2. Sipeddis (Sistem Informasi Pengadilan Agama dan Disdukcapil Sumenep)

Merupakan aplikasi yang mengintegrasikan data Akta Cerai di PA Sumenep dengan data Disdukcapil Sumenep.

3. Bluder (Booking Dulu Baru Dianter)

Aplikasi ini merupakan replikasi dari PA Madiun di mana para pihak tidak perlu ke PA Sumenep untuk mengambil produk pengadilan, cukup dengan mem-booking atau memesan dan membayar via aplikasi kemudian produk pengadilan akan diantarkan ke alamat pihak melalui Pos.  

Baca Juga : Jalin Kerjasama dengan PT Pos Indonesia, PA Sumenep Lakukan Replikasi BLUDER PA Kota Madiun

Selain itu, Moh. Jatim juga mengingatkan untuk tetap menjaga kesehatan mengingat pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir hingga saat ini. Meskipun sedang dituntut dengan banyak pekerjaan, jangan jadikan hal itu sebagai beban pikiran. Tetap bekerja dengan pikiran yang positif dan lakukan hal-hal yang dapat meningkatkan kekuatan imun kita.

“Tidak henti-hentinya saya ingatkan untuk selalu menjaga protokol kesehatan. Gunakan masker, rajin olahraga, dan yang terpenting yaitu makan makanan bergizi dan berpikir positif untuk meningkatkan imun kita.”, tegas Hakim yang sebelumnya pernah bertugas di PA Surabaya ini.

Setelah Ketua PA Sumenep selesai menyampaikan amanat apel, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh Drs. H. Imam Khusaini. Semoga keluarga besar PA Sumenep selalu diberi kesehatan dan keberkahan, serta pandemi Covid-19 segera berakhir.

Kontributor : Afifah Sheila Rahmi

Editor : Sapuan