Pengadilan Agama Sumenep

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA SUMENEP

Pembinaan Kesekretariatan Pengadilan Agama Sumenep

Kamis, (10/6) Pegawai PA Sumenep bagian kesekretariatan menghadiri rapat pembinaan kesekretariatan di ruang Ketua PA Sumenep yang dimulai pukul 08.00 s.d 09.00 WIB.

Dalam rapat tersebut dihadiri oleh beberapa elemen dari kesekretariatan antara lain: Bapak Sekretaris, Kasubbag. Kepegawaian, Kasubbag. Umum dan Keuangan, Bendahara, dan Petugas Kebersihan serta Satpam .

Rapat tersebut berjalan dengan lancar dan dibina langsung oleh Bapak Ketua PA Sumenep. Dalam rapat tersebut disampaikan kepada sekretariatan guna sebagai supporting unit PA Sumenep untuk selalu terjun langsung dalam pembenahan dan pemantauan kantor.

Hal tersebut mengacu kepada adanya pemantauan dari Kemenpan RB WBK menuju WBBM dalam waktu dekat.

Dimulai dari pembenahan Kartu Para Pihak, dan peningkatan keamanan dan kenyamanan serta kebersihan kantor serta Perbaikan Sarana & Prasarana (Ac, Air).

Ketua PA Sumenep juga menekankan untuk tetap berkomitmen dalam menjaga status WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi. Jangan ada sedikitpun yang bermain perkara, jika ada para pihak yang bertanya maka arahkan langsung ke PTSP.

Dalam hal ini dikontrol langsung oleh Bapak Sekretaris dan Kasubbag. Umum & Keuangan. Para Pihak berperkara dilarang bersetuhan langsung dengan Pegawai, begitu juga sebaliknya. Ini sduah menjadi komitmen dan terlaksana selama ini hingga akhirnya PA Sumenep meraih predikat WBK.

“Jangan sekali-kali ada pegawai/aparatur yang bermain perkara. jika ada yang bertanya terkait perkara, maka arahkan kemeja informasi (bagian PTSP). Semua sudah disediakan sarana dan prasarana serta petugas,” tegasnya.

Untuk membangkitkan komitmen juga setiap 2 (dua) jam sekali petugas kebersihan wajib memeriksa seluruh ruangan dan halaman kantor.

Semua Pegawai juga wajib ikut bekerjasama dan sama-sama bekerja. Contoh jika melihat daun atau kertas yang mengotori mohon dibantu diambil dan dibuang ke sampah jangan menitikberatkan atau menunggu cleaning service.

Kebersihan bukan hanya di lantai tapi di kolong-kolong meja dan plafon serta bagian lain yang terlindung. Petugas Resepsionis dilarang mengantar para pihak untuk bertemu pegawai atau memanggil pegawai untuk bertemu para pihak.

Kebersihan dijaga dan ditingkatkan karena Dirjen Badilag memberikan perhatian besar juga terhadap pentingnya kebersihan. Juga harap ditambahkan Nomor telpon Pemadam Kebakaran, Polisi, Rumah Sakit di pos satpam guna merespon cepat jika terjadi kecelakaan.

Kontributor : Lili Nur Indah Sari
Editor : Sapuan