Pengadilan Agama Sumenep Menuju Wilayah Bebas Korupsi

Mahkamah Agung RI sebagai Lembaga Peradilan di Indonesia Menerapkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).
Pengadilan Agama Sumenep menerapkan Zona Integritas, Senin, tanggal 20 Agustus 2018 pukul 09.00 Wib telah dimulai pencanangannya. Hadir dalam acara tersebut seluruh pegawai Pengadilan Agama Sumenep beserta masyarakat pencari keadian.
Dalam acara pencanangan Pembangunan Zona Integritas PA. Sumenep menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani telah dilakukan rangkaian acara sebagai berikut :
1. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya.
2. Pembacaan Ikrar Bersama Naskah Pejanjian Aparatur Pengadilan Agama Sumenep kepada Wakil Ketua PA. Sumenep, yang isinya sebagai berikut :
1. Kami Aparatur Pengadilan Agama Sumenep, dalam menjalankan tugas tidak akan menerima pemberian baik berupa uang atau barang, baik langsung maupun tidak langsung, dan tidak akan terpengaruh dengan siapapun juga.
2. Kami Aparatur Pengadilan Agama Sumenep, akan senantiasa bekerja dengan ikhlas, jujur dan tidak akan mengharapkan imbalan baik berupa uang maupun barang kepada siapapun juga.
3. Kami Aparatur Pengadilan Agama Sumenep akan selalu patuh dan taat serta menjunjung tinggi kode etik hakim, kode etik pegawai dan tidak selali-kali akan melanggarnya.
4. Kami Aparatur Pengadilan Agama Sumenep, akan mendukung sepenuhnya Pembangunan Zona Integritas di Pengadilan Agama Sumenep, menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wialayah Birokrasi Bersih dan Melayani.
5. Kami Aparatur Pengadilan Agama Sumenep, tidak akan melakukan praktek Korupsi, Kolusi, dan Nepotesme, dengan tujuan untuk menguntungkan diri sendiri dan atau kelompok yang dapat merugikan keuangan negara.
Setelah pembacaan Ikrar Bersama selesai, dilanjutkan dengan penandatangan seluruh Apatur Pengadilan Agama Sumenep terhadap naskah perjanjian tersebut.
penandatangan Fakta Integritas, oleh masing-masing Aparatur Pengadilan Agama Sumenep.
Pembacaan dan penandatanganan PIAGAM Pembangunan Zona Integritas oleh Wakil Ketua PA. Sumenep dengan disaksikan oleh masyarakat pencari keadilan.

Dalam amanat ini, PA. Sumenep telah membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Tekad bulat yang diikrarkan Hakim, Pegawai dan Tenaga Honorer atas kekompakan Aparatur PA. Sumenep.
“Membangun Zona Integritas” adalah mewujudkan aparat dalam wilayah Pengadilan Agama Sumenep konsisten, dan punya keteguhan yang tidak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur, kejujuran dan kebenaran. Seseorang dapat dikatakan memiliki integritas, apabila tindakannya sesuai dengan nilai, keyakinan, dan prinsip kebenaran yang dipegangnya.
Membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani, tidak cukup hanya dilakukan Pimpinan saja, melainkan harus diikuti oleh semua Aparatur Pengadilan Agama Sumenep kebawahnya. Dan apa yang diikrarkan bersama juga harus diikuti dengan sikap dan tindakan nyata. Oleh karena itu harus konsistn dengan ucapan, tidak akan berbuat sesuatu hal yang bersifat negatif, atau pelanggaran etika yang dapat menodai dan merusak Pembangunan Zona Integritas.
Untuk membangun Zona Integritas menuju WBK dan WBBM semuanya harus punya komitmen yang kuat, pola pikir dan budaya kerja (mindset) harus berubah.
Setelah usai memberikan amanat dilanjutkan dengan pembacaan do’a bersama. Kemudian diresmikan pencanangan Zona Integritas PA. Sumenep dengan membuka spanduk oleh Wakil Ketua PA Sumenep dengan disaksikan oleh seluruh Aparatur PA. Sumenep dan masyarakat pencari keadilan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *